Jakarta, vpro.co.id. Dunia otomotif kini diramaikan dengan munculnya usaha coating mobil yang menambah daftar layanan bagi konsumen otomotif. Jika dilihat dari sejarahnya, usaha ini di awali dari usaha salon mobil tradisional yang kemudian bertransformasi ke usaha modern dengan design workshop yang menarik dan pelayanan bervariasi.
Sejarah Perawatan Cat dimulai sejak tahun 1800 di Jerman, dimana saat itu Wax digunakan untuk melindungi lapisan cat pada kereta kuda, dan sejak saat itu industri ini berkembang hingga memasuki babak baru pada tahun 1970, saat produsen otomotif Jepang dan Eropa memperkenalkan teknologi clear coat/pernis. Dan pada tahun 2000 salah satu pabrikan cat terbesar di dunia memperkenalkan teknologi ceramic pada pernis cat yang dapat melidungai pernis dari Radiasi sinar UV dan Hujan Asam, di ikuti oleh teknologi nano yang dikembangkan agar dapat menyatu dengan lapisan cat dan memiliki daya tahan yang lebih baik dibandingkan dengan wax maupun polymer sealant.
Seiring pesatnya perkembangan dan kecepatan Teknologi informasi melalui internet maupun social media, konsumen otomotif mulai mendapatkan edukasi dari berbagai sumber seputar coating mobil, sehingga sangat membantu dalam menentukan jasa coating mobil yang akan dipilih.
Ada beberapa faktor yang menjadi pertimbangan dalam memilih jasa coating mobil, seperti Produk/ Brand, After Sales dan Harga.

Produk coating mobil sendiri terdiri dari banyak kelas, mulai dari produk yang ditujukan untuk para penghobi yang dapat dibeli di market place, maupun produk profesional yang distribusinya hanya melalui workshop resmi. Konsumen memiliki hak untuk bertanya mengenai produk/brand yang digunakan agar nantinya tidak dikecewakan.
Produk yang digunakan sangat berpengaruh pada harga dan kualitas serta daya tahan. Konsumen seringkali tergiur oleh penawaran-penawaran jasa coating mobil murah, sehingga mengabaikan pertimbangan seperti daya tahan dan jaminan after sales.

Sebagai contohnya, mitos mengenai coating mobil yang tahan terhadap goresan maupun yang memiliki daya tahan permanen merupakan marketing strategy yang sering disampaikan. Tentunya kedua hal tersebut seringkali membuat konsumen kecewa dan akhirnya apatis terhadap jasa coating mobil.[ masukkan gambar before after baret ]

Penjelasan secara garis besar terhadap coating mobil, adalah sebagai lapisan perlindungan tambahan untuk melindungi warna mobil dari paparan radiasi sinar UV dan kontaminasi yang dapat memengaruhi warna dan kilap mobil. Selain itu fitur tambahan lainnya adalah efek hydrophobic yang membuat mobil tidak mudah kotor dan memudahkan konsumen saat melakukan pencucian mobil.
